Capaian pembelajaran lulusan

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

 

Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Capaian pembelajaran lulusan meliputi sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan yang dirumuskan berdasarkan Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan mengacu pada Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).Berdasarkan KKNI, jenjang S1 Agroteknologi masuk ke dalam level 6. Standar Kompetensi Lulusan Prodi Agroteknologi yang dinyatakan dalam CPL disajikan pada tabel berikut:

SETIAP LULUSAN  PROGRAM SARJANA AGROTEKNOLOGI                                                       MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BERIKUT
1.         SIKAP

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

k. Menginternalisasi nilai-nilai keislaman kedalam  etika profesi

l.  Memiliki karakter yang kuat (mandiri, jujur dan disiplin) dalam menepati komitmen dan tanggung jawab dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Memiliki rasa ingin tahu yang kuat (Intelectual Curiosity) dan jiwa kewirausahaan (Interpreneur) dibidang Agroteknologi

2. PENGUASAAN PENGETAHUAN

a. Pengembangan ilmu pengetahuan agroteknologi berbasis nilai-nilai ke-Islaman.b. Konsep teoritis tentang ilmu dan teknologi tanaman, ilmu dan teknologi media tanam, ilmu dan teknologi lingkungan, dan teknologi produksi tanaman bekelanjutan;

c. Konsep teoritis secara umum dan prinsip – prinsip pengelolaan organisme pengganggu tanaman terpadu, ilmu pemuliaan tanaman, dan pengelolaan sumber daya lahan dan hayati;

d. Prinsip-prinsip kepemimpinan, teknologi informasi dan komunikasi, serta manajemen sumberdaya manusia;

e. Metodologi penelitian meliputi perancangan percobaan, metode survei, dan metode statistika dalam analisis data;dan

 

3. KETERAMPILAN KHUSUS

a. Mampu menerapkan ilmu agronomi, pemuliaan tanaman, perlindungan tanaman, ilmu tanah, dan sosial ekonomi pertanian serta prinsip rekayasa produksi tanaman yang berorientasi efektivitas, efisiensi, kualitas, dan keberlanjutan sumber daya sesuai dengan praktik pertanian yang baik (Good Agricultural Practices);b. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah dalam teknologi produksi tanaman dalam sistem pertanian berkelanjutan berdasarkan analisis informasi dan data;

c. Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi produksi tanaman dengan teknologi terkini dan ramah lingkungan yang efektif dengan memperhatikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja;

d. Mampu melakukan usaha produksi tanaman berkelanjutan dengan teknologi terkini secara kreatif dan inovatif;

e. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam perencanaan, perancangn, pelaksanaan, dan evaluasi produksi tanaman, dan

f.  Mampu mengembangkan teknologi budidaya dan teknologi pengelolaan pasca panen secara baik dan halal.

 

4.  KETRAMPILAN UMUM

a. Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c.  Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

d. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

j. Mampu mengembangkan teknologi budidaya tanaman sesuai ekosistem setempat dan berbasis akhlakul-kharimah.