Gelar Lokakarya Untuk Menjawab Kompetisi Lulusan Perguruan Tinggi

Selasa (21/03/23) Prodi Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum Program Studi Agroteknologi dengan tema Sinergi Kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI): Menjawab Kompetisi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Kebutuhan Dunia Kerja.  “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kurikulum Program Studi Agroteknologi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.” Ulas M.Abror sekaligus Kaprodi Agroteknologi UMSIDA.

Lokakarya tersebut dihadiri oleh tenaga ahli dari Universitas Brawijaya yaitu Prof. Agus Sunaryo, MS,. Serta beberapa Dosen, Pengguna dan Alumni Prodi Agroteknologi. Pembukaan lokakarya diawali oleh sambutan oleh Kaprodi Agroteknologi.

Wakil Dekan Fakultas Saintek UMSIDA Dr. Jamaluddin, St., MT yang menyatakan pentingnya sinergi antara kampus dengan dunia usaha dan industri agar kurikulum yang disajikan dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks.

Acara tersebut diisi dengan presentasi oleh Kaprodi terkait dengan rancangan kurikulum Prodi Agroteknologi dilanjutkan dengan presentasi oleh Tenaga Ahli Prof. Agus Sunaryo, M.S serta diskusi mengenai bagaimana membentuk kurikulum yang baik dan dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri dalam bidang pertanian. Beberapa topik yang dibahas adalah lulusan diharapkan memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu, tuntutan teknologi dan seni, tuntutan dunia kerja, tuntutan profesi, tuntutan pengembangan kepribadian dengan ciri khas kebudayaan.

Beberapa usul dari alumni adalah terkait dengan matakuliah supaya di berikan wawasan atau ilmu setidaknya mengenai manajemen cara pelaksanaan usaha tani. “Karena pengalaman kami dan teman teman ada yang lulus dan contohnya menjadi kepala kebun, insyaallah kami faham tata cara untuk melaksanakan budidaya tanaman tersebut. Tetapi cara pengelolaan sdm, sistem alur kerja” ujar Nindya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyusunan rencana aksi bersama antara Program Studi Agroteknologi dengan dunia usaha dan industri yang terkait dengan pertanian. Rencana aksi tersebut akan diterapkan dalam waktu dekat untuk memperbaiki kurikulum yang ada dan meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Agroteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks.

Related Posts

EXPO SAINTEK 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh🔮Fakultas Sains dan TeknologiUniversitas Muhammadiyah Sidoarjo[PROUDLY PRESENTS]Expo Saintek...