Laboratorium Agroteknologi

Laboratorium Agroteknologi

Laboratorium agroteknologi adalah fasilitas atau ruang kerja khusus yang digunakan untuk melakukan praktikum, penelitian, pengujian, dan pengembangan dalam bidang agroteknologi. Di laboratorium ini, berbagai teknik dan metode inovatif diterapkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, kualitas tanaman, serta efisiensi pengelolaan sumber daya alam. 

Visi

Menjadi pusat keunggulan laboratorium agroteknologi yang inovatif, mengintegrasikan IPTEKS dalam budidaya tanaman organik, konservasi sumber daya, dan penerapan smart farming, dengan landasan nilai-nilai Islam, demi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Misi

Inovasi dalam Budidaya Tanaman Organik

Mengembangkan metode dan teknologi unggul dalam budidaya tanaman organik untuk meningkatkan produktivitas, kualitas hasil pertanian, dan keberlanjutan lingkungan.

Konservasi Sumber Daya

Melakukan riset dan pengembangan dalam bidang konservasi sumber daya alam, terutama tanah dan air, untuk memastikan pemanfaatan yang bijaksana dan pelestarian lingkungan.

Penerapan Smart Farming

Menyelidiki dan menerapkan teknologi smart farming yang terkini, termasuk sensor, otomatisasi, dan analisis data, guna meningkatkan efisiensi produksi pertanian serta mendukung pertanian berkelanjutan.

Integrasi Nilai-nilai Islam

Mengintegrasikan prinsip-prinsip etika dan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek penelitian dan pengembangan, menciptakan lingkungan yang beretika dan bertanggung jawab.

Kesejahteraan Masyarakat

Mengarahkan hasil penelitian agar memberikan dampak positif langsung pada kesejahteraan masyarakat, termasuk peningkatan pendapatan petani, akses pangan yang aman, dan kontribusi

Kolaborasi dan Jaringan

Membangun kolaborasi yang erat dengan pemangku kepentingan, industri, dan lembaga terkait untuk memperluas dampak penelitian dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ilmu pengetahuan.

Pendidikan dan Pelatihan

Menjadi sumber daya pendidikan dan pelatihan yang unggul dalam agroteknologi, menyediakan platform bagi mahasiswa dan profesional untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam dunia pertanian modern.

Tentang Laboratorium

Kegiatan di laboratorium agroteknologi mencakup pemuliaan tanaman, pengelolaan tanah dan air, analisis nutrisi tanaman, serta penerapan teknologi terbaru untuk mendukung perkembangan berkelanjutan dalam sektor pertanian.

Laboratorium Agroteknologi

Laboratorium Kimia

Digunakan untuk analisis kimia tanah, air, dan bahan organik dalam konteks pertanian. Melibatkan pengujian unsur hara, pH tanah, dan komponen kimia lainnya yang memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Laboratorium Teknologi Benih

Fokus pada penelitian dan pengembangan teknologi terkait benih, termasuk pemuliaan tanaman, pemuliaan benih, dan pengujian kualitas benih untuk memastikan produktivitas dan daya adaptasi yang optimal.

Laboratorium Biologi, Botani dan Histologi

Menyediakan fasilitas untuk penelitian dalam bidang biologi tanaman, studi morfologi tanaman, serta analisis histologi tentang struktur dan fungsi tanaman.

Laboratorium Kultur Jaringan

Tempat pengembangan dan produksi tanaman secara in vitro melalui teknik kultur jaringan. Diperlukan untuk reproduksi tanaman secara efisien dan konservasi genetik.                                                                                                               

Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman

Mengkaji identifikasi, pengendalian, dan manajemen hama dan penyakit tanaman terkait keberlanjutan dalam perlindungan tanaman.

Laboratorium Fisiologi Tanaman

Fokus pada studi proses fisiologis tanaman, termasuk fotosintesis, respirasi, dan transpirasi, untuk memahami respons tanaman 

Laboratorium Mikroorganisme dan Bioteknologi

Penelitian mikroorganisme berperan dalam pengembangan metode bioteknologi untuk peningkatan produktivitas tanaman.

Laboratorium Tanah dan Media

Digunakan untuk analisis sifat fisik dan kimia tanah, serta pengujian media tanam, guna memahami kebutuhan tanaman terkait unsur hara dan struktur tanah.                                                                                                                                   

Lahan Percobaan

Merupakan area di mana dilakukan uji coba lapangan untuk mengamati respons tanaman terhadap kondisi nyata, termasuk uji keberlanjutan, adaptasi, dan pengembangan teknologi pertanian.

Lahan percobaan ini terletak di daerah Modong Tulangan Sidoarjo dengan ketinggian