• Alumni
  • Alumni

PEMANFAATAN LIMBAH ORGANIK SEBAGAI AGEN BIOFERTILIZER BERSAMA SISWA/I SMA/SMK DI SIDAORJO

Kalian tau gak apa itu biofertilizer ?

Yup..

Biofertilizer atau disebut dengan Pupuk cair hayati merupakan pupuk yang mengandung mikroorganisme fungsional (bakteri, fungi, dan actomycetes).

Kali ini Program Studi Agroteknologi berkolabaorasi dengan Mahasiswa Himpunan Agroteknologi Universitas Muhamamdiyah Sidoarjo mengadakan Workshop Organik berupa Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair dengan Pemanfaatan Limbah Orgahik Rumah Tangga. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis, 27 Januari 2022.

Kegiatan kali ini mengundang beberapa Siswa/i SMA/SMK  di Sidoarjo. Pemateri pada kegiatan kali ini terdapat 2 Narasumber yaitu Bapak M. Abror, SP., MM. Beliau merupakan dosen Agroteknologi yang sekaligus sebagai KaProdi Agroteknologi. Dan Narasumber kedua adalah Saudara Afiva Arida F yang merupakan Mahasiswa Agroteknologi yang sedang duduk di semester 7.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi kemudian dilakukan praktik pembuatan Biofertilizer yang dipandu langsung oleh Mahasoswa Himpunan Agroteknologi yang dibagi beberapa kelompok peserta.

Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Terdapat beberapa pertanyaan yang dilontarkan para peerta.

“Limbah Organik Rumah Tangga seperti Air bekas cucian beras dapat dimanfaatkan sebagai Agen Biofertilizier karena didalam Air limbah cucuian beras terdapat ebberapa mikroba fungsional.” Begitu ka Pemateri Pertama. Sehingga Air bekas cucian beras sangat baik digunakan untuk pemupukan cair tanaman.

Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah untuk beberapa pertanyaan terbaik.

Related Posts

Sinegitas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam Bidang Bisnis Pertanian

Senin, 11 April 2022, Muhammadiyah sangat aware dan fokus dalam...

Generasi Muda Sidoarjo dan Pertanian Indonesia Mode On

Bulan April, tanggal 28-29 menjadi hari yang Insya Allah penuh...

Leave a Reply