Sosialisasi dan Penguatan PKL Mahasiswa Prodi Agroteknologi UMSIDA : Magang Menjadi Amal Persyarikatan Bekal Kemajuan

Rabu, 25 Januari 2023 Prodi Agroteknologi, Fakultas Saintek Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan kegiatan Sosialisasi Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan ini diadakan guna mempersiapkan mahasiswa/i prodi Agroteknologi dalam menghadapi program PKLsebagai salah satu amal Persyarikatan Muhammadiyah untuk bekal memajukan masyarakat. Sosialisasi ini sampaikan langsung oleh Sekprodi Agroteknologi, Intan Rohma Nurmalasari, SP.,MP dalam sebuah forumsosialisasi yang diadakan di Gedung Kuliah Bersama 6, Kampus 2 UMSIDA. Adapun acara ini dilaksanakan secara offline mahasiswa/wi semester 4 Prodi Agroteknologi.
Sosialisasi Magang terdiri dari beberapa rangkaian penjelasan terkait skema dan aturan yang ada pada saat pelaksanaan magang semester genap 2023 yang akan datang. Dimulai dengan penjelasan tentang timeline kegiatan dan prosedur magang yang harus diikuti bagi mahasiswa/i semester IV, dilanjutkan dengan pemaparan skema praktek kerja lapangan yang terbagi menjadi skema magang, riset lapangan, dan riset dalam jaringan.
Adapun skema magang nantinya untuk mengaplikasikan kompentensi di dunia kerja, mengGali pengalaman, bersosialisasi dengan lingkunga kerja, dan menambah wawasan baru bagi mahasiswa/i prodi Agroteknologi UMSIDA, ujar Intan.
Pada skema magang, mahasiswa diwajibkan untuk mendapat surat keterangan magang/PKL, sertifikat magang dan form penilaian magang yang didapat dari oleh penanggungjawab program magang di perusahaan tersebut.
Skema kedua dan program PKL adalah Riset lapangan, pada skema mahasiswa/I dapat melakukan kegiatan riset pada praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Kegiatan riset diadakan dengan melakukan observasi, mengumpulkan data di lapangan dengan wawancara langsung ke bagian terkait sesuai dengan riset yang dilakukan selama 3-5 kali. Pada skema ini mahasiswa diberikan optional melampirkan surat riset atau surat keterangan yang bertandatangan dari pihak tempat riset. Namun, mahasiswa diwajibkan surat pernyataan kebenaran dari data riset yang dilaporkan.
Kegiatan Sosialisasi PKL Prodi Agroteknologi Fakultas Saintek, Universitas Muhammadiyah Sidoarjonberjalan dengan baik dan lancar. Disetiap akhir sesi, Sekaprodi tak lupa memberikan motivasi positif ke mahasiswa/i prodi Agroteknologi agar dapat menjaga nama baik kampus ketika PKL di mana pun berada dan dapat memanfaatkan PKL ini untuk pengembangan kompetensi sekaligus amal persyarikatan sebagai bekal kemajuan masyarakat Indonesia

Related Posts