Menjelajahi Keberagaman Agrikultur: Prodi Agroteknologi Goes to Perkebunan Mangga

Pasuruan, 05 Oktober 2023 – Pada hari Kamis, 05 Oktober 2023, Program Studi Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan studi ekskursi ke perkebunan mangga yang berlokasi di Pasuruan. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 50 mahasiswa dari berbagai semester, termasuk semester 3, 5, dan 7. Mereka didampingi oleh Kaprodi Agroteknologi, Bapak M. Abror, SP., MM, serta salah satu dosen Prodi Agroteknologi diantaranya Prof. Dr. Andriano Eko Prihatiningrum, MS, dan laboran Agroteknologi Alfianita Febri, SP.

Kegiatan studi ekskursi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mengamati dan memahami praktik budidaya tanaman mangga. Selain itu, juga untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan antara mahasiswa dan petani mangga yang berpengalaman.

Bapak Jumali, seorang petani mangga yang berpengalaman, menjadi tuan rumah dalam acara ini. Dia memberikan penjelasan rinci tentang budidaya tanaman mangga, khususnya di wilayah Pasuruan yang memiliki iklim khas.

Kaprodi Agroteknologi, M. Abror, SP., MM, berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan wawasan yang berharga kepada mahasiswa dalam praktik pertanian yang sesungguhnya. “Kami berharap mahasiswa dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin dari pengalaman berharga ini dan menerapkannya dalam studi dan karier mereka di masa depan,” ujarnya. Studi ekskursi ini juga merupakan bagian dari upaya Prodi Agroteknologi dalam mengintegrasikan teori dengan praktik pertanian untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang agrikultur.

Dengan semangat belajar yang tinggi, mahasiswa Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berharap dapat berkontribusi positif dalam pengembangan sektor pertanian di Indonesia, khususnya dalam budidaya mangga yang memiliki potensi besar sebagai komoditas ekspor.

Beberapa mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap kunjungan ini “Ini adalah pengalaman yang sangat berharga. Saya sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang betapa kompleksnya budidaya tanaman mangga, dan saya sangat berterima kasih kepada Bapak Jumali atas pengetahuan yang dia bagi.” ujar salah satu Mahasiswa Prodi Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Keseluruhan, studi ekskursi ke perkebunan mangga ini tidak hanya memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa tetapi juga menginspirasi semangat mereka untuk berkontribusi dalam pengembangan sektor pertanian di masa depan.

Related Posts